Cara Budidaya Tanaman Caladium (Keladi Hias)


Caladium adalah jenis tanaman hias yang menampilkan daun yang menarik pada musim-musim tertentu. Di musim kemarau tanaman ini mengalami masa istirahat selama 4-5 bulan. Pada saat istirahatlah, daun tanaman yang berpenampilan indah dan menarik menghilang. Daun Caladium ada yang berwarna kombinasi merah, oranye, putih, hijau, perak, atau berwarna putih sampai merah.

Bentuk daun Caladium seperti hati dan urat daun nampak jelas karena daun caladium memang tipis. Ukuran lebar daun 30 cm, panjang 30 cm.

Ketinggian tanaman 35-40 cm. Tanaman tersebut tumbuh dari umbi yang terbentuk semacam bola.


PERSYARATAN TUMBUH

Kebutuhan Cahaya
Caladium tumbuh paling bagus bila mendapat cahaya matahari tidak langsung. Apabila tanaman tersebut hanya memperoleh cahaya buatan, minimal memerlukan cahaya 400 f.c.

Kebutuhan suhu    
Tanaman ini membutuhkan suhu lingkungan pada siang hari 750F-850F dan malam hari 650F-750F.

Media Tanam
Tanaman caladium bisa tumbuh bagus apabila mendapat media yang terdiri atas campuran dua bagian tanah kebun, dua bagian pupuk kandang dan satu bagian pupuk pasir.

Selama tanaman hidup pada periode tumbuh media harus selalu dalam keadaan lembab. Jika daun mulai layu pada 7 atau 8 bulan sesudah periode tumbuh, biarkan tanah menjadi kering selama 3 atau 4 bulan. Sedikit demi sedikit dau tanaman akan mengalami proses kematian yang secara bertahapdi awali dengan mengerutnya daun.

Akhirnya, seluruh daun dan tanaman yang berada di permukaan tanah lenyap. Walaupun daunnya habis, tanaman tersebut tidak akan mati selamanya. Umbinya mampu menyimpan air sehingga pada saat hujan, tanaman tersebut akan akan tampil kembali memperlihatkan keindahan daunya yang baru.

Pemupukan
Pemupukan tanaman caladium hanya di lakukan pada saat tanaman mengalami periode tumbuh. Pemupukan di laksanakan sebulan sekali.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali dilakukan pada saat tanaman telah memenuhi seluruh permukaan pot. Penggantian pot harus lebih besar daripada pot yang lama. Penggantian media di lakukan pada awal musim penghujan.

Perbanyakan Tanaman
perbanyakan caladium di lakukan dengan cara memisahkan atau membagi-bagi umbinya. Pada awal pertumbuhan umbi tekanlah umbi tersebut masuk ke dalam media yang berada di dalam pot sedalam 2,5 cm agar calon tunas berada di dalam media yang kondisinya basah.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger