Budidaya Tanaman Hias Beaucarnea (Nolina)



Nama Beaucarnea diberikan oleh Victor Lemoine, seorang berkebangsaan Prancis. Beaucarnea juga populer dengan sebutan nolina, pony-tail, ekor kuda, atau tanaman kaki gajah. Nolina amat digemari sebagai salah satu tanaman hias yang berada di ruangan. karena tahan hidup di dalam ruangan sampai dengan satu bulan lebih. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan yang mempunyai ukuran luas dan bersih.

Nolina ini berasal dari daerah panas di Mexico. Tanaman nolina tahan terhadap kekeringan. Pangkal batangnya yang menggembung berfungsi sebagai tempat persediaan air yang digunakan sedikit demi sedikit pada saat tanaman kekurangan air.

Nolina tumbuh baik jika memperoleh sinar matahari langsung selama kurang lebih 4 jam dalam sehari. Jika menggunakan cahaya buatan, maka nolina membutuhkan cahaya yang berkekuatan 800 f.c.

Nolina juga dapat tumbuh baik pada suhu lingkungan siang hari 68 - 72 derajat fahrenheit dan suhu lingkungan pada malam hari sekitar 50 derajat fahrenheit.

Perbanyakan tanaman pada Nolina dilakukan dengan cara generatif, yaitu dengan cara menggunakan biji dan bisa dilaksanakan setiap saat.

Beberapa varietas nolina yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut :

1. Beaucarnea recurvata


2.  Beaucarnea tuberculata


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger