Budidaya Tanaman Hias Chlorophytum (Lily Paris)


C. Comosum (spinder plant) adalah kelompok tanaman yang menyerupai rumput.Jenis tanaman ini termasuk family lily, daunnya melengkung dan menyebar seperti kaki. Daun berwarna hijau, berstrip kunig atau putih memanjang pada sepanjang daunnya. Panjang daun bervariasi 10-15 cm, lebar 1,5-2,5 cm.

Tanaman ini mengeluarkan akar yang lunak memanjang kurang lebih 30 cm dan berbentuk separti kawat. Pada ujung akar keluar tanaman baru tetapi kecil serupa dengan tanaman induknya. Tanaman baru ini menggantung  seperti laba-laba (spinder) dan menhasilkan bunga kecil-kecil berwarna putih.

Jika bagian tanaman baru tadi dapat menyentuh tanah, maka akan tumbuh akar. Tetapi, jika tanaman baru tidak menyentuh tanah, maka makin lama meningkat besar dan daun-daunnya bertambah memencar-mencar, bahkan tumbuh anakan lagi pada bagian ujungnya sambung menyambung.


PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUANNYA

Kebutuhan cahaya
Chlorophytum dapat tumbuh baik jika mendapatkan cahaya matahari secara tidak langsung. Jika tanaman ini hanya tersedia cahaya buatan, maka cukup dengan cahaya berkekuatan 400 f.c.

Kebutuhan Suhu
Tanaman inimenghandaki suhu siang hari 750  F-850F dan malam hari 650F-700F.

Media Tanam
Media tanam yang baik untuk tanaman chlorophytum terdiri atas campuran satu bagian tanah kebun dan satu bagian kompos, satu bagian pasir, dan setengah bagian pupuk kandang. Setiap 4-5 kg media di tambah 2 sendok makan tepun tulang. Media tanam harus selalu dalam kondisi lembab sepanjang waktu, tetapi tidak boleh tergenag air.

Pemupukan
Pemupukan dillakukan dan sebulan sekali yang di mulai pada awal musim penghujan hingga akhir musim penghujan. Pemupukan tidak boleh di lakukan pada saat-saat tanaman sedang mengalami masa istirahat. Tanaman yang baru di beli atau yang baru saja di lakukan repotting, pemupukan harus menungggu sampai musip penhujan berikutnya.

Pengepotan kembali
Pengepotan kembali di lakukan pada awal musim pengujan, jika tanaman telah memenuhi pot dan akarnya telah membentuk bola sampai dinding pot.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tamanan ini bisa di lakukan dengan cara memisahkan sebagian rumpundari induknya ataupun menanam anakan kecil yang tergantung.

Varietas
Varietas Chlorophytum yang sudah banyak dikenal adalah:
C. comosum variegatum: Warna daunnya hijau pucat dan bagian tepinya putih. Ukuran panjang daun 25-40 cm, lebar daun 2-2,5 cm.


C. comosum vitatum: Warna daunnya hijau pucat dengan garis-garis putih sepamjang daun. Ukuran panjabg daun 15-20 cm, dan lebar daun 1,5-2 cm.


C. comosum mandianum: Warna daunnya hijau gelap, bagian pusat daun bergaris pada sepanjang daun berwarna kuning terang. Ukuran panjang daun  10-15 cm, lebar 1,5 cm.




Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger