Teknik Budidaya Tanaman Hias Dracaena


Dracaena termasuk salah satu jenis tanaman hias daun. Apabila tanaman ini dipadu dengan bentuk, warna, dan bahan pot  yang serasi akan tampil sangat indah.
         
Dracaena pada umumnya memiliki penampilan daun dan ukuran batang yang braneka ragam dan menarik. Ada beberapa  jenis atau varietas dari tanaman ini yang satu sama lain tidak ada kemiripan sama sekali.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Dracaena akan tumbuh paling bagus bila mendapat cahaya matahari tidak langsung. Jika tanaman ini hanya memperoleh cahaya buatan dari lampu, maka memerlukan cahaya yang berkekuatan 400 f.c.

Kebutuhan Suhu
Dracaena membutuhkan suhu lingkungan siang hari 750F-800F dan suhu malam hari 650F-700F.

Media Tanam
Media tanam yang baik untuk tanaman Dracaena adalah campuran satu bagian tanah kebun, satu bagian kompos atau pupuk kandang, dan satu bagian pasir kasar. Media tanaman ini harus selalu dalam keadaan lembap sepanjang waktu. Setiap 4-5 kg media ditambah 1,5 sendok the super  phosphate 20%, 1 sendok makan kapur, dan 2 sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Pemupukan bagi tanaman Dracaena cukup dilakukan setiap 6 bulan sekali. Pemupukan tanaman yang baru dibeli atau dilakukan pengepotan kembali harus menunggu sesudah 6 bulan.

Pengepotan kembali
Pengepotan kembali dilakukan jika akar  tanaman telah memenuhi pot. Pengepotan kembali dapat dilaksanakan setiap saat.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman dilakukan dengan cara menggunakan stok batang atau memisahkan sebagian rumpun.

Varietas
Varietas Dracaena yang sudah banyak dikenal adalah:

Dracaena deremensis
Dracaena ini jarang tumbuh dalam bentuk asli, akan tetapi pada umumnya kita dapatkan dalam berbagai varietas. Sebagian besar varietas tumbuh setinggi 60-150 cm. berbagai yang popular adalah:

D. deremensis Warneckii
Varietas ini bisa tumbuh baik ditempat yang Intensitas cahayanya rendah. Daun dari varietas ini berbentuk seperti pedang, kaku, berukuran panjang 40-60 cm, lebar 5 cm. warna daun hijau abu-abu dengan strip berwarna putih.

D. deremensis Yanet Craig
Warna daun varietas ini hijau tua. Bentuk daun seperti pita yang panjangnya 30-45 cm, lebar 5 cm.

D. deremensis Longii
Varietas ini mempunyai  Bentuk daun seperti Yanet Craig, tetapi lebih panjang dan ramping, bagian ujung meruncing kecil. Warna daun hijau tua ditengah-tengahnya berwarna putih lebar membujur dan pangkal sampai ujung daun.

Dracaena fragrans
Jenis tanaman ini tumbuh jangkung dan apabila tanaman ini tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian lebih dari 5 cm. Tanaman yang masih muda sangat indah dan cantik bila ditanam didalam pot dan ditaruh diatas meja.

Ukuran panjang daun 45-75 cm dan lebar 5-7,5 cm. pertumbuhan daun mengarah kesegala penjuru, satu sama lain tumbuh saling berimpitan rapat, warna daun hijau. Tanaman yang termasuk varietas ini antara adalah:

D. fragrans Lindenii
Varietas ini bagian tepi daunnya berwarna hijau cerah sampai kuning dan bagian tengah berwarna hijau membujur sepanjang daun.

D. fragrans Masangeana
Varietas ini berwarna daunnya hijau tua dan bagian tengah berwarna hijau membentuk pita pada sepanjang daun.

Dracaena godseffiana (Si Embun Emas)
Jenis tanaman ini tumbuh pendek dan kecil. Bentuk daun lonjong pendek, tumbuh sepasang-pasang saling berhadapan. Warna daun hijau tua dan pada permukaan daun terdapat binti-bintik kuning seperti emas.

Batang dan cabang-cabangnya tumbuh kecil, kurus seperti kawat, jenis Dracaena ini sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan jenis-jenis lainnya. Tanaman yang termasuk varietas ini antara lain adalah:

D. godseffiana Florida Beauty
Varietas ini memiliki daun hijau tua dengan bintik-bintik kuning.

D . godseffiana Milky Way
Varietas ini mirip dengan D. godseffiana Florida Beauty. Dibagian tengah-tengah daun terdapat bentuk seperti pita berwarna kuning muda dan dikanan kirinya berwarna hijau dengan bintik-bintik halus.

D. godseffiana gold Dust (Gold Dust Dracaena)
Varietas ini memiliki warna daun hijau tua dan seluruh permukaan daun terdapat bintik-bintik halus atau kecil.

D. marginata Tricolour
Jenis Dracaena ini memiliki bentuk daun kecil seperti pita, ramping, berwarna hijau gelap, dan bagian tepinya merah. Varietas D. marginata Tricolour memiliki tiga macam warna, yakni merah, hijau, dan putih.

Dibagian tepi daun berwarna merah, disusul warna hijau, kemudian putih. Setiap warna membentuk strip panjang dari pangkal sampai ujung daun.

D. sanderiana virescens
Jenis Dracaena ini memiliki warna daun hijau yang bagian tanahnya berwarna hijau pucat berbentuk pita yang lebar dan memanjang disepanjang daun. Ukuran daun relative lebih kecil dan pendek apabila dibandingkan dengan D. fragrans.

D. surculata punculata
Jenis Dracaena ini memiliki bentuk batang dan cabang-cabang mirip dengan jenis-jenis D. godseffiana lainnya. Daunnya lebih kecil, langsung, dan pada ujungnya lebih runcing. Warna daun hijau muda dengan bintik-bintik kecil berwarna kuning tak beraturan.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger