Mengenal Tanaman Hias Nephrolepis (Pakis Kelabang)


N. exalta ini memiliki sosok daun melengkung. Sedangkan N. Exalata bostoniensis (pakis kelabang) adalah mutasi pakis samurai yang ditemukan di dekat Boston 1890.

Nephrolepis menjadi jenis pakis yang paling populer di pasaran pada saat ini. Banyak varietas Nephrolepis yang sangat cocok hidup di dalam ruangan. Ada pula sejumlah Nephrolepis hasil mutasi yang daunnya lembut bercabang dan ada pula yang berdaun keriting kecil-kecil.


PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan cahaya
Tanaman ini tumbuh baik apabila mendapat cahaya matahari tidak langsung. Jika tanaman hanya mendapat cahaya buatan asal dari cahaya lampu, maka membutuhkan cahaya yang berkekuatan 400 f.c.

Kebutuhan Suhu
Tanaman ini cocok sekali ditanam di tempat yang memiliki suhu lingkungan pada siang hari 680F-720F dan suhu malam hari 500F-500F.

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah campuran dari satu bagian tanah, satu bagian kompos atau pupuk kandang, satu bagian serbuk kulit pepohonan, dan satu bagian pasir. Setiap 4-5 kg media tersebut ditambah 2 sendok makan tepung tulang.

Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap enam bulan sekali. Bagi tanaman baru atau yang baru saja dilakukan pengepotan ulang, pemupukan harus menunggu sesudah enam bulan.

Pengepotan Kembali
Pemgepotan kembali tanaman ini dilakukan pada awal musim penghujan jika rumpun tanaman telah memenuhi pot.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman bisa dilkukan dengan cara melakukan pemotongan akar yang sudah tua atau memisahkan sebagian rumpun tanaman pada awal musim penghujan. Pada musim penghujan akar-akar yang tumbuh sebagai tanaman baru bisa di pisahkan dan ditanam pada pot baru.

Varietas
Varietas Nephrolepis yang banyak dikenal adalah :
  1. N.exaltata bostoniensis compacta yang berdaun lebat.
  2. N. exaltata bostoniensis aurea.
  3. N. Biserrata furcans yang daunnya tumbuh panjang dan bagian tepi daun bergerigi.
  4. N. Cordifolia yang berdaun lebih sempit

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger