KLASIFIKASI ILMIAH JAMBU KANCING


Jambu kancing merah adalah jenis jambu air yang mudah berbuah. Pohon jambu kancing berbuah lebat. Kulit buahnya berwarna merah, berukuran kecil, daging buah berwarna putih, rasa manis masam dan mengandung kadar air yang tinggi.

Munculnya bunga dan buah saling susul menyusul sehingga cocok untuk dijadikan tanaman buah di pekarangan. Selain sebagai buah segar di meja makan, buah jambu kancing juga cocok sebagai buah campuran rujak manis atau asinan.

Jambu kancing ini menyukai kondisi media tanam yang berpori. Jika ingin ditanam di pekarangan rumah, tanah gembur dengan sedikit pasir akan cocok untuk tanaman jambu kancing. Sedangkan untuk tabulampot (tanaman buah dalam pot) dapat menggunakan media tanam berupa sekam, pupuk kandang, dan tanah dengan perbandingan 2:2:2.


Jambu kancing cocok ditanam di daerah dataran rendah dengan intensitas cahaya matahari tinggi dan penuh. Jambu kancing menyukai air yang banyak sehingga penyiraman setiap hari sangat disarankan Jambu kancing merupakan tanaman perdu dengan batang yang tumbuh bengkok. Daun berbentuk bulat telur sungsang, berukuran panjang 7-25 cm dan lebarnya 2,5-16 cm.

Bunga tersusun dalam malai, muncul di ujung cabang atau ranting dan dari ketiak daun, setiap malai terdiri dari 3-7 kuntum bunga.

Berikut ini klasifikasi ilmiah jambu kancing

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium
Spesies: S. aqueum

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger