MANFAAT PADI UNTUK KESEHATAN


Padi merupakan tanaman pangan penghasil beras yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain sebagai bahan pangan, ternyata padi juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui.

 

Tanaman padi menghasilkan beraneka ragam beras, seperti beras putih, beras hitam, beras merah hingga beras coklat. Aneka ragam beras tersebut memiliki manfaat bagi manusia.

 

Berikut ini beberapa manfaat padi untuk kesehatan.

 

Manfaat padi untuk kesehatan yang pertama sumber energi bagi tubuh

Seperti yang diketahui, padi yang diolah menjadi nasi menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi oleh banyak orang, termasuk orang Indonesia.

 

Padi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidratnya bahkan mencapai 79 g dalam 100 gram beras. Oleh sebab itu, mengonsumsi makanan yang berasal dari padi sangat penting untuk memperoleh energi.



Manfaat padi untuk kesehatan yang kedua mengatasi jerawat dan bisul

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda hanya perlu merebus padi yang sudah diambil berasnya lalu dikeringkan dan dibiarkan dingin.

Setelah itu, tumbuk dan oleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat, bisul atau bengkak.


Manfaat padi untuk kesehatan yang ketiga mengatasi gangguan pencernaan

Padi yang telah diolah menjadi nasi sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang terkena sembelit, diare hingga radang usus.


Manfaat padi untuk kesehatan yang keempat sebagai obat dan bahan kosmetik

Banyak wanita yang memanfaatkan campuran tepung beras dan madu untuk menjadikan kulit lebih cerah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengambil beras lalu direbus, dikeringkan dan dibiarkan mendingin. Setelah itu, tumbuk sampai halus hingga dapat dioleskan ke kulit.


Selain bermanfaat untuk kulit wajah, padi juga diketahui dapat membantu menambah ketebalan rambut dan menghitamkan rambut secara alami.


Manfaat padi untuk kesehatan yang kelima menjaga kesehatan jantung

Beras hitam memiliki manfaat dapat mengurangi plak aterosklerosis yang berbahaya bagi arteri. Hal ini sangat penting untuk menjaga arteri dan mencegah serangan jantung dan stroke.

 

Manfaat padi untuk kesehatan yang keenam memperkuat tulang dan gigi

Terdapat beberapa jenis beras, salah satunya beras coklat. Kandungan mangan dan mineral yang tinggi dalam beras coklat dapat membantu mempertahankan struktur tulang dan gigi agar lebih kuat.

Kandungan magnesium dalam beras coklat juga memiliki peran penting dalam mineralisasi tulang guna melindunginya dari arthritis. Perlu diketahui, arthritis adalah peradangan yang terjadi di satu atau beberapa sendi. Kondisi ini menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger