Cara Budidaya Tanaman Hias Dieffenbachia


Dieffenbachia merupakan jenis tanaman hias ruangan yang telah populer lebih dari 150 tahun yang lalu. Kepopuleran tanaman ini karena daunnya cantik dan penampilannya menawan.

Dieffenbachia memiliki daya adaptasi yang bagus terhadap lingkungan. Jenis Tanaman ini pada umumnya dijual sewaktu tanaman masih muda, pada saat ketinggian tidak Lebih dari 50 – 75 cm, yang daun – daunnya bagian bawah menutupi bibir pot.

Apabila tanaman ini dibiarkan tanpa di pangkas akan mencapai ketinggian 120 – 150 cm. Daun dan batangnya beracun, karena mengandung calcium oxalate yang bisa mengakibatkan kebengkakan kulit.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN
         
Kebutuhan cahaya
Dieffenbachia tumbuh baik di tempat yang mendapat cahaya matahari tidak langsung . Apabila tanaman ini menggunakan cahaya buatan dari cahaya lampu , diperlukan cahaya Yang berkekuatan 250 – 400 f.c. selama 12 – 14 jam sehari
         
Kebutuhan Suhu
Dieffenbachia membutuhkan suhu lingkungan pada siang hari 75 0F – 85 0F dan suhu malam hari 65 0F – 70 0F . kelembapan sekitar 50%

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah campuran satu bagian tanah, satu bagian pupuk kandang atau kompos, dan satu bagian pasir. Setiap 4 – 5 kg media ditambah 1,5 sendok teh super phosphat 20% , 1 sendok makan dapur , 2 sendok teh pupuk 5 – 10 – 5 .

Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap 2 – 3 bulan sekali. Pemupukan bagi tanaman baru dibeli atau baru dilakukan pengepotan kembali harus menunggu sesudah 4 bulan .

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali tanaman ini bisa dilaksanakan setiap waktu jika tanaman telah memenuhi pot .

Perbanyakan Tanaman
Tanaman ini sangat mudah dilakukan perbanyakan dengan cara memisahkan anakan dari induknya setiap waktu , dan dengan stek batang.



Varietas
Varietas yang dikenal dari tanaman ini adalah sebagai berikut :

D.amoena ( Colombia , costa Rica )
Batang tanaman besar , daun hijau berukuran lebar. Setiap helai daun terdapat bintik – bintik krem memanjang pada sirip – siripnya .
                            
D. Mariane
Varietas ini dengan daun berwarna putih kekuningan , bagian tepi daun berwarna hijau

D.maculata  “Rudolp Roehrs “
Varietas ini warna daunnya hampir seluruhnya berwarna kuning, urat – urat dan bagian tepi daun berwarna hijau tua .

D. Camilla
Varietas ini ditandai dengan warna daun putih kekuningan pada bagian pusat daun. Sedangkan bagian tepi daun berwarna hijau.warna hijau bagian tepi daun ini agak lebih lebar daripada varietas.
                            
D. Hoffmanii
Varietas ini ditandai dengan warna dasar daun hijau tua atau gelap, terdapat bintik – bintik putih , dan urat daun bagian tengah putih.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger