Budidaya Tanaman Hias Aloe Vera ( Lidah Buaya )



Aloe vera ditanam sebagai tanaman hias di dalam pot sudah sejak zaman kekaisaran Roma. Daunnya berwarna hijau tua sampai hijau pucat, di bagian belakang daun berwarna bintik-bintik putih. Bentuk daun ramping, tebal, dan pada bagian tepi bergerigi kecil-kecil.

Kebutuhan Cahaya
Tanaman Aloe Vera ini tumbuh baik di tempat-tempat yang memperoleh cahaya langsung selama 4 jam atau lebih dalam waktu sehari.

Tanaman ini juga masih bisa tumbuh baik pada cahaya matahari tidak langsung, misalnya cahaya pantulan dari tembok ataupun cahaya buatan.

Cahaya alami ataupun cahaya buatan yang dibutuhkan rata-rata adalah 1.000 f.c.

Kebutuhan Suhu
Tanaman lidah buaya menghendaki suhu siang hari sekitar 68 - 72 derajat Fahrenheit dan pada malam hari membutuhkan suhu 50 - 55 derajat Fahrenheit.

Media Tanam
Media  tanam yang baik untuk tanaman aloe vera ini terdiri atas campuran satu bagian tanah kebun, satu bagian pupuk kandang atau kompos, satu bagian pasir dan setengah bagian serbuk arang.

Setiap 4,5 Kg media tersebut ditambah 1 sendok makan kapur dan 1 sendok makan tepung tulang. Media tanam diusahakan dalam kondisi baik yaitu agak kering, tidak boleh terlalu basah.

Pemupukan
Tanaman  yang baru dibeli tidak perlu langsung dipupuk pada tahun-tahun pertama. Pemupukan harus menunggu sampai tahun berikutnya.

Varietas 
Beberapa varietas tanaman aloe vera adalah sebagai berikut :

1.  Aloe Vera Aristata

2. Aloe Vera Brevifolia


3. Aloe Vera Nobilis


4. Aloe Vera Variegata



Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger