Budidaya Tanaman Hias Asplenium (Kadaka)


Asplenium nidus atau kadaka ini juga biasa disebut pakis sarang burung. daunnya melengkung panjang 25-35 cm, seperti bulu ayam yang halus. Pada umumnya daun tumbuh merentang dan dibagian pucuk batang tumbuh bulu-bulu halus. Bagian pucuk tanaman seolah-olah kosong karena tanpa ada daun dan membentuk semacam sarang burung. Tanaman ini memiliki daya toleransi yang baik terhadap lingkungan.

Kebutuhan Cahaya
Kadaka tumbuh baik jika berada ditempat yang teduh atau ditempat yang mendapat cahaya matahari tidak langsung. jika menggunakan cahaya buatan, maka kadaka memerlukan cahaya yang berkekuatan 150 f.c.

Kebutuhan Suhu
Kadaka ini membutuhkan suhu lingkungan siang hari 68 - 72 derajat fahrenheit dan pada malam hari membutuhkan suhu 50 - 55 derajat fahrenheit.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman pada Kadaka yang paling sederhana adalah dengan cara memisahkan bagian tanaman yang masih muda dari rumpun induknya. Tanaman ini juga dapat diperbanyak dengan spora atau partikel reproduksi yang menyerupai debu menempel pada permukaan daun bagian bawah.

Varietas Kadaka
Beberapa varietas kadaka yang sering kita kenal adalah sebagai berikut :

1. Aspenium bulbiferum


2. Asplenium nidus


3. Asplenium osaka


4. Asplenium viviparum


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger