Budidaya Tanaman Hias Pilea (Daun Aluminium)


Jenis tanaman ini sebagai besar tumbuh setinggi tidak lebih dari 30 cm, memiliki warna daun belang-belang putih perak kusam yang terkenal sebagai tanaman alumunium. Setiap daun memiliki tiga buah urat daun yang melengkung .

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Pilea  tumbuh baik bila mendapat cahaya matahari tidak langsung. Apabila tanaman hanya mendapatkan cahaya buatan, minimal membutuhkan cahaya yang berkuatan 400 f.c

Kebutahan Suhu
Jenis tanaman ini akan tumbuh baik jika suhu lingkungan siang hari sekitar 75°f-85°f dan suhu malam hari 65°f-70°f.

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah media tanam yang terdiri campuran satu bagian tananh kebun, dua bagian kompas, satu bagian pasir. Setiap 4-5 kg media ditambah 1,5 sendok teh super phosphat 20%, 1 sendok makan kapur, dua sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Pemupukan pilea dilakukan setiap dua bulan sekali. Bagi tanaman baru yang baru saja dilakukan pengepotan ulang harus menunggu 3-4 bulan.

Pengepotan Kembali
Tanaman yang rupunya telah memenuhi pot harus segera dilakukan pengepotan kembali pada saat musim penghujan tiba.

Perbanyakan Tanaman
Tanaman ini bisa di kembang biakkan dengan menggunakan stek batang atau memisahkan sebagian rumpun dan induknya pada awal musim penghujan.


Varietas
Varietas pilea yang sudah banyak di kenal adalah :

P.cadierei (Alumunium-plant, water melon pilea).
Jenis tanaman ini memiliki ketinggian sekitar 25 cm, panjang daun 6,5 -8 lengkung. Warna daun hijau muda yang ditandai dengan gelembung daun warna perak, demikian pula, pada pingkiran daun. Bunga berwarna putih ini dapat tumbuh dengan cepat.

P.Cadierei  Minima.
Varietas ini bentuknya dan cirinya hampir sama dengan P. Cadierei, tetapi tanaman ini berukuran lebih kecil. Tinggi tanaman 12,5-15 cm.

P. Involucrata
Varietas  ini memiliki sistem percabangan tanaman kecil tetapi lebat, warna daun cokelat dan bercampur hijau tua, bagian permukaan daun bagian bawah berwanan kemerahan.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger