MANFAAT JELATANG ATAU RAWE UNTUK KESEHATAN


Daun jelatang bisa ditemui di berbagai daerah di Asia, tak terkecuali Indonesia. Daunnya kecil dan beracun. Bila kulit Anda menyentuh permukaan daunnya, Anda akan mengalami keracunan yang ditandai dengan kulit gatal, perih, kemerahan, dan bengkak. Namun, jangan khawatir karena tanaman jelatang yang sudah dimasak atau direndam dalam air akan kehilangan zat beracun tersebut. Daunnya pun jadi aman dikonsumsi.




 

Berikut ini beberapa manfaat jelatang atau rawe untuk kesehatan.

 

Manfaat jelatang atau rawe untuk kesehatan yang pertama meredakan gejala pembesaran prostat

Daun dan akar jelatang bisa meredakan beragam gejala yang disebabkan oleh pembesaran prostat jinak. Gejala-gejala yang dimaksud antara lain susah buang air kecil, buang air kecil tidak tuntas. Para ahli menduga bahwa zat kimia dalam tanaman jelatang bisa mengatur keseimbangan hormon, misalnya testosteron dan estrogen. Pasalnya, gangguan hormon bisa menjadi salah satu penyebab pembesaran prostat jinak.

 

 

Manfaat jelatang atau rawe untuk kesehatan yang kedua mengatasi rematik

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum ekstrak daun jelatang bisa membantu mengatasi rematik. Ini karena jelatang berfungsi sebagai antiperadangan dalam tubuh. Selain itu, jelatang yang sudah direndam dan direbus juga bisa langsung dioleskan pada sendi Anda yang terasa nyeri. Terutama di lutut, punggung, pinggul, dan tangan.

 

Manfaat jelatang atau rawe untuk kesehatan yang ketiga sebagai anti alergi

Tanaman ini memang bisa bikin gatal. Namun, kalau sudah diproses jadi teh atau masakan, tanaman jelatang justru bisa membantu melawan reaksi alergi. Dalam tubuh, jelatang berfungsi sebagai antihistamin yang ampuh menghentikan gatal, bersin-bersin, hidung berair, dan iritasi mata.

 

Manfaat jelatang atau rawe untuk kesehatan yang keempat menghentikan perdarahan

Berbagai studi membuktikan kalau jelatang bisa dimanfaatkan sebagai penghenti perdarahan, terutama setelah operasi. Beberapa penelitian juga menyebutkan khasiat daun serba guna ini untuk menghentikan perdarahan setelah operasi cabut gigi.

 

Manfaat jelatang atau rawe untuk kesehatan yang kelima melawan eksim

Eksim adalah ruam yang terasa kering dan gatal di permukaan kulit Anda. Penyebabnya mungkin reaksi alergi, iritasi, dan keturunan. Rebus daun jelatang secukupnya dan oleskan pada bagian kulit yang muncul eksim. Biarkan selama beberapa saat supaya meresap kemudian bilas dengan air bersih.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger