Budidaya Brassaia Actinophylla


Brassaia actinophylla juga disebut Schefflera actinophylla. Tanaman ini memiliki daun mirip dengan ketela pohon. Panjang daun 25 cm dan lebar 4 cm. Tinggi pohon 180 cm atau lebih. Tanaman ini biasanya dijual pada saat ketinggian mencapai 60 - 90 cm.

Schefflera actinophylla biasanya tumbuh baik jika mendapat cahaya matahari secara langsung selama 4 jam atau lebih dalam sehari. Jika hanya mendapatkan cahaya buatan, maka tanaman ini memerlukan cahaya dengan kekuatan 800 f.c. Walaupun demikian, tanaman ini masih dapat tumbuh baik pada cahaya matahari tidak langsung dan cahaya pantulan dari dinding.

Schefflera actinophylla memerlukan suhu siang hari sekitar 75 - 85 derajat fahrenheit dan pada malam hari memerlukan kebutuhan suhu 65 - 70 derajat fahrenheit.

Tanaman ini tumbuh baik jika media tanam terdiri atas campuran satu bagian pupuk kandang, satu bagian tanah kebun, dan satu bagian pasir.


Pemupukaan Schefflera actinophylla dilakukan setiap 6 bulan sekali. Sedangkan tanaman yang baru dibeli atau baru saja dilakukan pengepotan kembali tidak perlu dipupuk, tetapi harus menunggu sampai 6 bulan kemudian.

Perbanyakan tanaman pada Schefflera actinophylla dilakukan dengan cara stek batang dan cangkokan.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger