Cara Budidaya Tanaman Cyperus (Rumput Payung)


Cyperus alternifolius ( rumput payung) termasuk salah satu jenis tanaman hias yang suka air. Daun    tanaman tersebut menyebar dari ujung tangkai dan melengkung ke bawah. Setiap daun tersusun menyerupai jeruji atau rusuk pada payung. Panjang daun 10-20 cm dan jumlah daun sekitar 20 helai. Tinggi tanaman 75-120 cm.

PERSYARATAN TUMBUh DAN PERLAKUAN

Kebutuhan cahaya
Jenis tanaman rumput ini tumbuh paling bagus jika memperoleh cahaya matahari langsung selama 4 jam atau lebih dalam sehari. Apabila tanaman mendapat cahaya buatan dari lampu dan cahaya alam, memerlukan cahaya yang berkekuatan 800 f.c . selama 12 jam. Akan tetapi, tanaman ini masih bisa tumbuh baik pada cahaya matahari tidak langsung.

Kebutuhan suhu
Tanaman ini tumbuh baik jika ditanam di tempat atau daerah yang memiliki suhu lingkungan siang hari 68 0f -72 0f dan suhu malam hari 50 0f.

Media tanam
Media tanam yang baik untuk tanama ini terdiri atas campuran satu bagian tanah, satu bagian pupuk kandang/kompos, satu bagian pasir. Media tanam di dalam pot di usahakan dalam kondisi lembap sepanjang waktu.

Pemupukan
Tanaman ini memerlukan pemupukan tiap bulan sekali, mulai awal musim penghujan hingga musim penghuja berakhir. Tanaman yang baru dibeli tidak perlu di pupuk selama 6 bulan.


Pengepotan kembali
Pengepotan kembali dilakukan pada saat akar atau rumpun tanaman telah memenuhi pot.pengepotan kembali ini dilakukan pada awal musim hujan.

Perbanyakan tanaman
Perbanyakan bisa dilakukan dengan cara memisahkan anakan atau rumpun atau menggunakan biji. Perbanyakan dengan anakan ini bisa dilakukan setiap saat.

Varietas
Varietas Cyperus yang sudah dikenal adalah : C. diffuses, C. haspan viviparus.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger