Cara Membudidayakan Tanaman Hias Pleomele


Pleomele reflexo “Song of India “ . Pleomele biasa dijual pada saat tanaman telah mencapai ketinggian 60 cm . Akan tetapi tanaman ini dapat tumbuh mencapai katinggian 120 cm atau lebih. Daun tanaman tersebut dapat tumbuh lebatsehingga kadang-kadang posisi batang menjadi condong, bahkan dalamposisi horizontal. Daun tanaman berwarna kuning bagian tengah berwarna hijau. Pleomele memerlukan media dengan kelembapan yang tinggi.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuan Cahaya
Pleomele tumbuh baik di tempat-tempat yang teduh atau cahaya tidak langsung. Jika tanaman ini hanya mendapatkan cahaya buatan dari lampu, maka memperlukan lampi yang berkekuatan 400 f.c.

Kebutuan Suhu
Tanaman ini tumbuh baik pada lingkungan yang bersuhu siang hari 75°f-80°f dan suhu malam hari 65°f-70°f.

Media tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah media tanam yang terdiri atas campuran asatu bagian tanah kebun, satu bagian kompos atau moss, dan satu bagian pasir. Setiap 4-5 kg media ditambah super phosphat 20% sebanyak 1,5 sendok teh, 1 sendok makan kapur, 2 sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap 3-4 bulan sekali. Bagi tanaman baru atau yang baru saja dilakukan pengepotan kembali harus menunggu sesudah enam bulan.



Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali untuk menggantikan media dan pot yang leb ih longgar dilakukan pada saat sistem perakaranya telah mengeras dan menyebul ke permukaan media.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan tanaman dilakukan dengan stek batang.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger