Manfaat Daun Jeruk Purut Untuk Kesehatan


Daun jeruk purut kerap kali digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan. Selain membuat masakan menjadi lebih sedap, daun jeruk purut ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat ini diperoleh dari kandungan nutrisi dan zat antioksidan yang terkandung di dalamnya.




Berikut ini beberapa manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan.

 

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan yang pertama menyembuhkan luka

Daun jeruk purut mengandung zat yang memiliki anti-bakteri patogen pada kulit. Sehingga ekstrak daun jeruk purut dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk memudahkan penyembuhan. Daun jeruk purut dapat dijadikan sebagai antiseptik yang efektif.

 

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan yang kedua dapat mengatasi stress

Alasan daun jeruk purut bisa mengatasi stres karena memiliki aroma yang khas dan kuat. Selain membuat masakan menjadi semakin lezat, penggunaannya dalam masakan sekaligus dapat mengatasi stres.

Aroma daun jeruk purut berasal dari minyak esensial yang ada di dalamnya. Menghirup aroma minyak daun jeruk purut dapat membuat tubuh membaik. Anda bisa menggunakannya sebagai aromaterapi untuk mengurangi stres, rasa cemas, dan kelelahan akibat penyakit.

 

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan yang ketiga mengatasi bau mulut

Perlu diketahui bahwa sebelum penemuan pasta gigi, orang Asia Tenggara mengunyah daun jeruk purut untuk menjaga kebersihan mulut. Hal ini dikarenakan adanya efek anti-halitosis yang berasal dari aroma minyak aromatik yang menyenangkan dan sifat anti-bakteri alami pada daun jeruk purut.

 

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan yang keempat Mengatasi Flu

Manfaat daun jeruk purut berikutnya adalah dapat mengatasi influenza. Untuk mengatasi influenza, anda bisa menggunakan air rebusan daun jeruk purut. Cukup siapkan 20 lembar daun jeruk purut dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Lalu saring dan minum air rebusan selagi hangat. Anda bisa menambahkan madu pada air rebusan tersebut sebagai pemanis alami. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin hingga flu anda reda.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger