Teknik Budidaya Tanaman Hias Spathiphyllum


Tanaman ini berdaun lebat yang tumbuh langsung dari dasar tanaman. Di antara lebatnya daun tersebut muncul bunga yang berwarna putih bersih berbentuk seperti sendok, dengan tangkai yang panjang.

Bunga Spathiphyllum   selalu tampil lebih tinggi daripada dedaunan yang lebat berwarna hijau tua, sehingga tampak sangat kontras, tetapi marak dan anggun.

Dari dasar bunga, tepat di bagian tengah kelopak bunga, mucul kepal putik berwarna putih susu yang berbentuk seperti buah cabe. Tanaman ini memiliki tulang-tulang daun yang tampak sangat jelas.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Tanaman ini tumbuh baik di tempat-tempat yang teduh atau dibawah cahaya matahari tidak langsung. Jika tertimpa terik matahari tidak langsung, daun-daunya akan terbakar. Jika menggunakan cahaya buatan, tanaman ini membutuhkan cahaya berintensitas 250-500 f.c.

Kebutuhan Suhu
Tanaman ini menghendaki suhu lingkungan siang hari 70°F-80°F dan suhu malam hari 60°F-70°F.

Media Tanam
Media tanam yang baik untuk tanaman ini adalah media campuran yang terdiri atas bagian tanah kebun, satu bagian kompos, dan satu bagian pasir.


Pemupukan
Pemupukan yang baik dilakukan satu bulan sekali dengan pupuk 5-10-5.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali dilakukan enam bulan sekali ketika tanaman telah memenuhi pot. Pengepotan kembali dilakukan terutama pada musim penghujan.

Perbanyakan Tanaman
Tanaman ini dapat di tangkarkan dengan menggunakan rimpang akar ataupun dengan cara memisahkan sebagian rumpun.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger