Manfaat Bayam Untuk Kesehatan


Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang bisa dengan mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Hal itu karena bayam memang gampang tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia.


Bayam menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Selain bernilai gizi tinggi, olahan bayam saat ini pun beraneka macam. Ada yang mengolah dengan cara ditumis, dibuat salad atau kreasi lainnya.

 

Bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Kandungan vitamin yang dimiliki bayam di antaranya yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C dan Vitamin K.





 

Tak hanya itu, mineral-mineral utama yang dimiliki bayam antara lain yaitu magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium dan sodium.

 

Berikut ini kandungan gizi lengkap bayam per 100 gram bahan.

Kalori: 36 kcal

Protein: 3,5 gram

Karbohidrat: 6,5 gram

Kalsium: 265 mg

Fosfor: 67 mg

Besi: 3,9 mg

Vitamin A: 6.090 S.I

Vitamin B: 0,08 mg

Vitamin C: 80 mg

Air: 86,9 gram

Melihat banyaknya kandungan gizi dalam sayur bayam, tentu manfaat dari sayur bayam untuk kesehatan begitu banyak. Berikut ini manfaat bayam untuk kesehatan.

 

Manfaat bayam untuk kesehatan yang pertama menjaga kesehatan jantung.

Bayam mengandung folic acid yang mampu melindungi otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang menyebabkan penyakit diabetes.

Selain folic acid, bayam juga sangat kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri jantung.

Manfaat bayam untuk kesehatan yang kedua menguatkan tulang.

Bayam diyakini juga sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang selama ini begitu ditakuti oleh banyak orang ketika mendekati lanjut usia. Hal itu dikarenakan bayam kaya akan vitamin K yang bisa membantu dalam penyerapan kalsium oleh tulang.

 

Manfaat bayam untuk kesehatan yang ketiga mencegah kanker.

Bayam terbukti mengandung juga flavonoid yang mampu mencegah adanya infeksi dalam tubuh, termasuk meminimalisir terjadinya kanker.

 

Beberapa jenis kanker yang mungkin bisa diantisipasi oleh kebiasaan mengkonsumsi bayam, di antaranya: Kanker kolon, Kanker paru-paru, Kanker ovarium dan Kanker prostat

 

Manfaat bayam untuk kesehatan yang keempat Sangat baik untuk ibu hamil.

Bayam mengandung zat folat dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil. Dengan banyak mengonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf lengkap yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger