Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan


Daun kenikir biasanya sering disantap sebagai lalapan makanan dan sayuran karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

 

Selain rasanya yang lezat ternyata daun kenikir banyak mengandung gizi antara lain daun kenikir memiliki kandungan karbohidrat, protein hingga zat besi yang diperlukan oleh tubuh.


 

Berikut ini beberapa manfaat kenikir untuk kesehatan.

 

Manfaat kenikir untuk kesehatan yang pertama mencegah dan mengobati diabetes.

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes sebaiknya mengonsumsi daun kenikir secara teratur. Karena daun kenikir mengandung senyawa yang dapat membantu mengobati diabetes.

Daun kenikir mengandung senyawa bioaktif berupa asam klorogenik, kuersetin hingga asam askorbat. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan kinerja insulin pada penderita diabetes. Sehingga dapat menekan kadar gula yang menyebabkan penyakit diabetes.

 

Manfaat kenikir untuk kesehatan yang kedua mencegah penyakit kanker.

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Maka dari itu sejak dini harus mulai melakukan upaya pencegahan. Mengonsumsi daun kenikir menjadi salah satu cara alternatif untuk mencegah penyakit kanker.

Daun kenikir mengandung antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Sehingga daun kenikir cukup efektif untuk mengobati penyakit kanker.

 

Manfaat kenikir untuk kesehatan yang ketiga mencegah hipertensi.

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, sebaiknya mengonsumsi daun kenikir. Karena daun kenikir dipercaya dapat mencegah penyakit hipertensi.

 

Manfaat kenikir untuk kesehatan yang keempat mengobati penyakit maag.

Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit maag, sebaiknya mengonsumsi daun kenikir secara teratur. Daun kenikir mengandung tokoferol yang berfungsi meredakan penyakit maag. Karena senyawa tokoferol dapat membantu menetralisir asam lambung.

Untuk menggunakan daun kenikir sebagai pengobatan alternatif, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Daun kenikir bisa Anda rebus terlebih dahulu kemudian dijadikan lalapan atau bisa juga menggunakan air rebusan daun kenikir untuk dijadikan minuman.

 

Manfaat kenikir untuk kesehatan yang kelima menghilangkan racun dalam tubuh.

Menghilangkan racun dari dalam tubuh sangat penting dilakukan. Karena hal inilah yang menyebabkan manusia menderita berbagai macam penyakit. Untuk menghilangkan racun-racun ini salah satunya dengan mengonsumsi daun kenikir.

Kandungan vitamin E, vitamin C hingga flavonid dapat berfungsi untuk menetralisir racun di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu membersihkan racun di dalam darah. Sehingga darah akan kembali bersih dan organ hati akan bekerja dengan baik.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger