MANFAAT DAUN SALAM UNTUK KESEHATAN


Daun salam biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai penambah cita rasa suatu masakan agar semakin lezat.

Tapi tahukah anda, dibalik kegunaannya sebagai salah satu bumbu dapurdaun salam juga ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.

Daun yang terkenal dengan wangi khasnya itu diketahui mengandung vitamin C dan A, serta asam folat.




Selain itu, daun salam juga mengandung berbagai mineral seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potasium dan kalsium.

Berikut ini beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan.

 

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang pertama mencegah komplikasi diabetes

Untuk penderita diabetes, sangat disarankan untuk konsumsi daun salam secara rutin. Hal ini karena daun salam mengandung antioksidan tinggi yang bisa menolong proses produksi insulin dalam tubuh lebih bagus. 

 

Selain itu, manfaat daun salam yang lainnya adalah dapat membantu proses penurunan kadar gula dan kolesterol dalam darah. Daun salam sudah terbukti mampu mengatasi penyakit diabetes.

 

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang kedua mengatasi penyakit pernapasan

Manfaat daun salam kering bisa membantu atasi masalah pernapasan karena mengandung ekstrak minyak esensial. Minyak tersebut dapat dicampurkan dalam salep dan dioleskan ke dada untuk membantu mengurangi berbagai gangguan pernapasan. 

 

Selain itu, daun salam juga dapat dijadikan obat dengan ditumbuk lalu dioleskan ke dada untuk didiamkan selama semalam. Bisa juga dengan cara lain seperti menghirup aroma daun salam yang memang mirip seperti aroma terapi. Hal ini juga bisa mencairkan dahak dan mengusir bakteri berbahaya yang masih ada di dalam saluran pernapasan.

 

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang ketiga menjaga sistem kekebalan tubuh

Daun salam banyak mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan sebuah zat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan menghalangi radikal bebas yang membahayakan daya tahan atau sistem imunitas tubuh. 

 

Cukup dengan menyeduh daun salam kering dan air panas seperti ketika menyeduh teh. Konsumsi setiap hari secara rutin dan peroleh manfaat daun salam yang telah dikeringkan yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh.

 

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang keempat menjaga kesehatan mata

Daun salam juga bisa membuat mata menjadi lebih sehat. Ia dapat menjadi solusi yang baik bagi mata lelah. Cara mengaplikasikannya ialah dengan merebus daun salam kering dengan air selama beberapa saat. Kemudian tunggu sampai dingin. Pakai air rebusan yang sudah dingin dengan usap ke bagian mata yang sakit selama beberapa menit. Gunakan secara teratur untuk hasil yang lebih optimal.

 

Manfaat daun salam untuk kesehatan yang kelima mengobati ketombe

Manfaat daun salam kering selanjutnya adalah untuk mengobati ketombe. Hal ini dikarenakan, minyak esensial yang terkandung dalam daun salam dapat digunakan sebagai tonik untuk rambut dan mampu melawan ketombe. 

 

Cara memakainya sangat mudah, cukup rebus daun salam dengan air dan tunggu sampai dingin. Kemudian, pakai rebusan tersebut untuk membilas rambut. Terapkan secara rutin seminggu sekali. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan rambut agar bisa segera mendapat rambut sehat tanpa ketombe.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger