Mengenal Tanaman Hias Aglaonema dan Cara Budidayanya


Aglaonema termasuk salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh di sudut-sudut ruang yang gelap. Tanaman ini tumbuh baik di tempat yang mendapatkan sinar matahari. Tetapi, Aglaonema memiliki daya adaptasi yang baik terhadap tempat yang kekurangan cahaya. Oleh karena itu, Aglaonema sangat cocok sebagai tanaman hias di dalam ruangan.

JENIS – JENIS AGLAONEMA

Aglaonema Commutatum
Jenis Aglaonema ini memiliki daun berbentuk seperti tombak, tetapi ada juga yang langsing atau gemuk. Tapi daun rata, ukuran daun umumnya adalah lebar 5-8 cm dan panjang 16-20 cm. Bentuk daunnya beraneka ragam tergantung pada varietasnya. Batang tanaman liat, sehingga sulit di patahkan, duduk daun pada batang tidak beraturan.



Dari jenis Aglaonema ini kita kenal berbagai varietas yang cukup populer sebagai berikut :

Aglaonema Siluer Queen
Varietas ini memiliki daun warna dasar hijau dengan sirip-sirip berwarna perak keabu-abuan yang hampir memenuhi seluruh daun.

Aglaonema Pseudo-bracteatum (White Rajak)
Varietas ini mempunyai warna dasar daun hijau, tetapi sirip-siripnya berwarna kekuning kuningan hampir memenuhi seluruh bagian daun sehingga seolah-olah daun seluruh daun berwarna dasar kuning. Demikian pula, warna tangkai daunnya berwarna kuning.

Aglaonema Commutatum Treubi
Varietas ini memiliki warna dasar daun hijau tua yang dihiasi sirip-sirip berwarna hijau muda kebiru-biruan, bentuk daun ramping.

Aglaonema Roebelini
Varietas ini memiliki warna daun hijau dengan sirip-siripnya berwarna biru muda keperakan. Apabila dibandingkan dengan varietas lainnya, varietas ini memiliki ukuran daun yang lebih lebar.

Aglaonema “Malay Beauty”
Varietas ini memiliki warna hijau daun tua dan dihiasi dengan sirip-sirip berwarna perak.

Aglaonema Nitidun Curtisii
Varietas ini memiliki daun hijau kebiruan dan dihiasi sirip-sirip berwarna perak. Sirip-sirip tersebut berbentuk kecil panjang seperti duri ikan sampai pada tepi daun.

Aglaonema Costatum (Spotted Chinesa Evergreen)
Jenis Aglaonema ini memiliki warna daun hijau tua mengkilap dan dihiasi tulang rusuk utama berwarna putih. Seluruh permukaan daun dihiasi dengan warna bintik-bintik putih. Jenis tanaman ini membentuk rumpun yang lebat. Bentuk daun seperti hati, berukuran panjang 15 cm, lebar 7,5 cm. Ketinggian tanaman tidak lebih dari 25 cm.

Aglaonema Modestum (Chinese Evergereen)
Jenis Aglaonema ini memiliki warna daun hijau polos. Bentuk daunnya pendek dan lebar.

PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN

Kebutuhan Cahaya
Aglaonema tumbuh bagus di tempat yang memperoleh cahaya langsung ataupun di tempat yang teduh. Jika yang tersedia hanya cahaya buatan, maka membutuhkan cahaya yang berkekuatan minimal `50 f.c

Kebutuhan Suhu
Jenis tanaman Aglaonema ini membutuhkan suhu lingkungan pada siang hari 750F-850F, malam 650F-700F.

Media Tanam
Media tanam yang cocok untuk tanaman Aglaonema terdiri atas camouran satu bagian tanah, satu bagian kompos atau moss, dan satu bagian pasir. Setiap 4,5 kg media tersebut ditambah 1,5 sendok teh super phosphat 20%, 1 sendok makan tepung tulang, dan 2 sendok teh pupuk 5-10-5.

Pemupukan
Jadwal pemupukan dilakukan setipa 4 bulan sekali.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali (repotting) sekaligus mengganti media baru dilakukan pada saat tanaman sudah memadati seluruh permukaan pot. Pengepotan tersebut bisa dilakukan pada setiap waktu.

Penempatan Pot di Dalam Ruangan
Walaupun, tanaman ini memiliki daya toleransi terhadap cahaya yang intensitasnya rendah cukup bagus, namun tanaman tersebut sebaiknya ditempatkan di tempat yang memperoleh cahaya cukup, misalnya, di dekat jendela atau pintu.

Perbanyakan Tanaman
Perbanyakan Aglaonema bisa dilaksanakan dengan cara memisahkan rumpun pada setiap waktu atau menggunakan stek.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger