Mengenal Tanaman Hias Araucaria (Cemara Norfolk)


Araucaria juga dikenal dengan nama A. Excelsa, yakni pinus atau cemara yang berasal dari pulau Norflok, wilayah Australia. Tanaman ini banyak penggemarnya karena bentuk tajuknya secara keseluruhan lebih menarik daripada cemara pada umumnya.

Batang tanaman kasar, mencapai ketinggian 5 m lebih, dengan cabang-cabang melintang atau tumbuh horizontal mengelilingi pohon. Setiap tahun tanaman ini pertumbuhannya bertambah 7,5-15 cm. Cabang-cabangnya kuat dan besar, tertutup oleh daun berbentuk seperti jarum sepanjang 1-1,5 cm.


Pohon tanaman ini membentuk mahkota berbentuk piramidal. Daunnya selalu hijau dan tidak pernah gugur (ever green)
PERSYARATAN TUMBUH DAN PERLAKUAN
Kebutuhan Cahaya
Tanaman ini tumbuh paling bagus jika memperoleh cahaya matahari atau cahaya tidak langsung. Apabila tanaman ini hanya tersedia dari cahaya buatan, minimal membutuhkan cahaya yang berkukatan 400 f.c

Kebutuhan Suhu
Tanaman ini membutuhkan suku lingkungan pada siang hari 680F-72 0F, malam hari 500F-550F. Tanaman tersebut toleran terhadap suhu 450F-850F.

Media Tanaman
Cemara Norflok tumbuh baik jika disediakan media tanam yang terdiri atas campuran satu bagian tanah, satu bagian pupuk kandang atau kompos, satu bagian pasir.

Media sebanyak 4,5 kg harus ditambah 1,5 sendok teh super-phosphat 20%, 1 sendok makan kapur 2 sendok teh pupuk 5-10-5. Media harus selalu dipertahankan dalam keadan lembap.

Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap 3-1 bulan sekali. Bagi tanaman yang baru saja dibeli, pemupukan dilakukan setelah 4-6 bulan.

Pengepotan Kembali
Pengepotan kembali dilakukan setelah tanaman tumbuh lebat, akar memenuhi pot dan menjembul keluar. Dalam kurun waktu 3-4 tahun, tanaman sudah harus dilakukan pengepotan kembali untuk menggantikan media baru yang lebih banyak sesuai dengan perkembangan tanaman.

Penempatan Pot
Tanaman ditempatkan di tempat-tempat yang memiliki ukuran ruangan yang luas dan memperoleh cahaya terang dengan baik, misalnya, di dekat jendela atau pintu.

Perbanyakan Tanaman
Cemara Norflok sulit dilakukan pengembiakan. Sebagian besar tanaman yang di jual oleh para pedagang tanaman hias adalah hasil perbanyakan yang berasal dari biji.

Upaya untuk memperoleh tanaman baru secara vegetatif, cabang-cabang tanaman harus di potong  agar pada akar-akarnya tumbuh tanaman baru. Di samping itu, bisa juga menggunakan stek cabang. Hasil stek cabang tidak bisa menurunkan tanaman yang bisa tumbuh vertikal.

Share this article :
 
 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger