MANFAAT BUAH MARKISA UNTUK KESEHATAN


Markisa merupakan salah satu jenis buah yang sangat unik, karena yang dikonsumsi dari buah ini adalah bijinya. Berbeda dari jenis buah lainnya, yang dikonsumsi adalah daging buah itu sendiri.

 

Buah markisa ini memiliki cita rasa yang asam sedikit manis. Rasa asam itulah yang menjadi ciri khas dari buah markisa.

 

Jika berbicara tentang habitatnya, buah ini sejatinya berasal dari daerah pegunungan yang sejuk. Tetapi, buah ini juga bisa ditanam dan dibudidayakan di daerah dataran rendah. Dengan kata lain, markisa menjadi salah satu buah yang mudah dibudidayakan dimana saja.


 

Berikut ini beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan.

 

Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang pertama meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah markisa yang pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan, kandungan vitamin C, beta-karoten, serta polifenol yang dimiliki buah markisa ini, berperan sebagai antioksidan.

 

Yang mana, antioksidan ini berguna dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, agar nantinya tubuh tidak mudah terserang virus. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam melawan radikal bebas, yang menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit.


Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang kedua melancarkan sistem pencernaan

Dengan mengonsumsi buah markisa, sistem pencernaanmu pun akan semakin lancar dan sehat. Buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yaitu sekitar 2 gram dalam satu buah markisa.

 

Selain membantu melancarkan sistem pencernaan, buah markisa juga mampu mencegah sembelit dan mengatasi lapar. Dengan begitu, buah markisa sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjaga berat badan, karena tidak membuat perut terasa cepat lapar.

 

Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang ketiga meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Seperti yang diketahui, osteoporosis merupakan sebuah kondisi berkurangnya kepadatan tulang, yang membuat tulang menjadi lebih cepat keropos dan patah.

 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mulai mengonsumsi buah markisa. Kandungan mineral yang dimiliki buah markisa, secara efektif mampu meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, serta menurunkan risiko osteoporosis.

 

Lebih dari itu, buah markisa juga bisa dikonsumsi oleh para penderita osteoarthritis. Manfaat buah markisa yang satu ini bisa dirasakan, apabila para penderitanya mengonsumsi ekstrak kulit markisa secara rutin. Jika sudah begitu, maka rasa sakit akan berkurang secara perlahan.

 

Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang keempat melawan radikal bebas

Sebagai salah satu faktor penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit, radikal bebas tentu harus ditangani dengan serius. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi buah markisa.

 

Bagaimana tidak, buah markisa pasalnya memiliki manfaat dalam melawan radikal bebas. Ya, manfaat buah markisa yang satu ini memang sudah sangat terkenal, karena mengandung beberapa jenis antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, piceatannol dan vitamin C.


Manfaat buah markisa untuk kesehatan yang kelima menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah markisa yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Sebagai salah satu organ vital yang bekerja tanpa henti, kondisi kesehatan jantung tentu harus diperhatikan sebaik mungkin.

 

Mengonsumsi buah markisa, menjadi cara yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, buah markisa memiliki kandungan serat dan potasium, yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah markisa juga memiliki kemampuan dalam menstabilkan tekanan darah.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Sentra Pertanian | Oke Azis | Oke Azis
Copyright © 2011-2024. Sentra Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Oke Azis Published by Oke Azis
Proudly powered by Blogger